Kurikulum

KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-LAUZAH

Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah menggunakan Kurikulum Nasional yang terintegrasi dengan Kurikulum Khas Sekolah yang menjadikan 4 pilar utama dalam proses pendidikannya yakni:

  • Menjadikan Al-Qur’an dan As-sunnah sebagai rujukan dan pedoman

Mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Qur’an dan Sunnah. Mengenalkan ketauhidan, akhlaq, aqidah yang lurus dalam pengamalan pembiasaan harian.  Menguatkan sikap prilaku dalam shiroh-shiroh teladan para Nabi dan sahabatnya. Mengenalkan dan mengajarkan Al-Quran melalui metode Bittajwid, metode yang didesain oleh tim Quran Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah dalam membenarkan pelafalan melalui makhroj dan tajwid yang benar. Serta menghadirkan Student Profile FASTER yakni anak yang memiliki sikap Fathonah, Amanah, Sabar, Tabligh, Empati dan Respect di akhir proses pendidikannya.

  • Mengembalikan kedudukan utama orang tua

Orang tua merupakan guru pertama dan utama bagi seorang peserta didik. Memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak, figur utama yang paling awal diteladani oleh seorang anak. Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah berusaha mengembalikan fitrah pendidikan utama kepada para orang tua, dengan cara saling bersinergi, berperan aktif, bersama sekolah dan para guru membantu setiap anak menuntaskan tugas perkembangan di setiap usianya dengan sempurna. Untuk itu, pelatihan dan seminar-seminar parenting menjadi bagian terpenting yang telah dipersiapkan untuk para orang tua, menjadi orang tua pembelajar penghantar syurga.

  • Mengembalikan izzah dan keteladanan guru

Guru merupakan orang tua kedua di sekolah. Guru memiliki peran penting dalam mengarahkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didiknya. Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah memiliki kekhasan guru-guru yang ramah dan menyayangi peserta didiknya. Tugas utama guru, selain mentransfer ilmu pengetahuan dalam ragam tema dan materi bidang study yang diajarkan juga bertugas membentuk karakter anak yang memiliki:

  1. Salimul Aqidah yakni anak yang meyakini bahwa Allah SWT sebagai Robb pencipta, pemelihara, pemilik dan penguasa alam semesta.
  2. Sohihul Ibadah menjadikan anak yang gemar dan terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah dalam keseharian seperti: sholat, puasa, tilawah, murojaah serta melafadzkan dzikir dalam keseharian.
  3. Qowiyul – Jismi menjadikan anak yang memiliki badan dan jiwa yang sehat dan kuat.
  4. Matinul Khuluq menghadirkan anak yang berprilaku sopan, santun, ceria, percaya diri, pemberani, fathonah, amanah, sabar, empati dan respect. Sehingga mampu menuntaskan setiap permasalahan lingkungan dan dirinya sendiri dengan solving yang baik.
  • Pendidikan sesuai tahapan perkembangan anak

Dalam kekhasan kurikulum Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah, 5 domain berpikir pada perkembangan anak merupakan hal yang sangat diperhatikan dan berusaha terstimulus dengan maksimal. 5 Domain ini meliputi ranah afeksi, kognisi, bahasa, psikomotor dan sosial. Berusaha merencanakan ragam program khas sekolah yang disesuaikan dengan tahapan usia perkembangan anak serta karaktersitiknya menjadikan Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah membuat desain kurikulum yang ramah anak dan berusaha menjadikan setiap anak adalah juara untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. 

Desain Kurikulum di Sekolah Islam Terpadu Al-Lauzah bertujuan Bersama orang tua pembelajar menghadirkan generasi muslim masa depan yang dapat mengambil peran sebagai anak bangsa yang memiliki kepribadian kuat, berfikir kritis, memiliki kompetensi bahasa, keterampilan dan kreatifitas serta mampu menghadapi setiap problem dengan baik.